Inilah Penyebab Pejalan Kaki Di China Enggan Menolong Orang Kecelakaan

Berikut beberapa kasus sebelum kasus YueYue:
  1. Kematian seorang pria 88 tahun di Wuhan, setelah dia terjatuh dan diabaikan oleh orang, telah memicu babak baru perdebatan tentang kepercayaan, prosedur hukum dan kemerosotan moral di negara ini. Orang tua, bermarga Li, jatuh sekitar pukul 07:30 di pintu keluar dari pasar sayur. Yang lewat mengelilingi dia dan melihat, tetapi tidak menawarkan bantuan. Satu jam kemudian, kerabat Li, yang tinggal 100 meter, datang dan bergegas membawanya ke rumah sakit. Namun, orang itu meninggal karena mati lemas disebabkan nosebleed. "Tragedi ini tampaknya merupakan hasil dari beberapa kasus sebelumnya, di mana orang-orang yang telah menerima bantuan menggugat orang-orang yang membantu mereka karena diduga mengetuk mereka turun," kata Wang Dawei, seorang profesor di Keamanan Publik Universitas Rakyat China, Global Times.
  2. Pada tanggal 20 November 2006, seorang wanita tua di Nanjing, Provinsi Jiangsu, yang menderita patah tulang setelah jatuh di sebuah stasiun bus berhasil menggugat Peng Yu, seorang pria yang mengaku telah secara sukarela membantunya. Meski tidak memiliki bukti yang cukup untuk merekonstruksi TKP, pengadilan setempat menemukan Peng bersalah dan memerintahkan dia untuk membayar sekitar 45.000 yuan ($ 7,057.17) dalam kompensasi kepada wanita tua. Putusan itu didasarkan pada "berpikir logis," dan mengatakan itu sangat mungkin bahwa Peng telah memukul jatuh wanita tersebut. Kasus ini akhirnya diselesaikan di luar pengadilan dengan mediasi dari pejabat provinsi.
  3. Pada tanggal 26 Agustus, Yin Hongbin, seorang sopir bus dari Nantong, Provinsi Jiangsu, menghentikan kendaraan setelah melihat seorang wanita tua yang tergeletak di bawah sepeda roda tiga. Setelah membantu wanita tua ke sisi jalan, wanita itu mengatakan kepada polisi bahwa itu adalah bus Yin yang telah menjatuhkannya. Rekaman pengawas akhirnya membersihkan pengemudi dari tuduhan. Kasus tersebut telah memberi pukulan berat terhadap nilai sosial untuk membantu orang-orang lemah dan terpaksa berpikir dua kali sebelum melakukan perbuatan baik, kata Wang.
  4. Pada 22 Februari, penumpang di bus di Nanjing dilaporkan menolak untuk membantu seorang pria 75 tahun yang jatuh saat turun sampai ia berteriak, "Aku jatuh karena kesalahanku. Anda tidak perlu khawatir, Tidak akan terjadi apa-apa terhadap Anda. " Wu Songbai, 41, seorang guru seni di sebuah sekolah dasar di Provinsi Sichuan, mengatakan ia akan enggan untuk menawarkan bantuan dalam situasi yang sama. "Ini bukan hanya mereka yang jatuh, tetapi juga anggota keluarga mereka yang mungkin menyalahkan Anda, dan Anda mungkin kesulitan membuktikan Anda tidak bersalah," kata Wu. Tapi Yang Gongcheng, 24 tahun insinyur TI di Beijing, mengatakan kepada Global Times bahwa dia tetap akan memberikan bantuan dalam keadaan seperti itu. "Saya masih akan menawarkan bantuan Tetapi jika mereka menunjukkan niat memeras saya, saya akan melarikan diri.," Kata Yang.
  5. Menurut sebuah jajak pendapat oleh people.com.cn, website Harian Rakyat, 87 persen dari 2.425 peserta tidak akan menawarkan bantuan jika mereka menemukan orang tua yang telah jatuh karena takut pemerasan, dan hanya 13 persen mengatakan mereka akan bersedia untuk menawarkan bantuan. "Kasus Peng (nomer 2) merupakan contoh yang salah untuk orang lain di mana penyedia bantuan tidak bisa membuktikan dirinya tidak bersalah, kemudian pengadilan akan memenangkan orang yang melakukan upaya pemerasan," kata surat kabar itu.
Beberapa kasus diatas bisa jadi menjadi dasar kenapa orang berpikir ulang untuk membantu Yue-Yue, bisa jadi orang2 khawatir saat membantu Yue-Yue mereka malah akan dituntut oleh keluarga YueYue sendiri.

Secara moral ane yakin perbuatan ini tidak bisa diterima oleh masyarakat di negara manapun. Manusia terlahir (mayoritas) memiliki empati yang membuat mereka bisa merasakan bahagia maupun penderitaan yang dirasakan oleh lingkungannya. Namun sistem hukum di Cina yang cenderung tidak adil bagi penolong membuat orang enggan menolong orang lain.

Kesimpulannya: Jangan salahkan orang yang tidak menolong YueYue, yang mereka lakukan adalah untuk mempertahankan diri mereka sendiri dari ketidakpastian hukum, namun salahkan pemerintah dan ketidakadilan peradilan di Cina (untuk kasus semacam ini) yang membuat perilaku masyarakat bisa berubah.
sumber
Share :
 
Comments
5 Comments

+ komentar + 5 komentar

23 Oktober 2011 pukul 02.18

tapi walau bagimana pun, kasihan juga tuh anak kecil!
ga ada yang membantu...

great post sob....

Anonymous
23 Oktober 2011 pukul 18.59

Thank for ur post, tp tetep harus ditolong lah :)

23 Oktober 2011 pukul 19.34

Kalo menurut q mah memang penegak hukumnya yan gak adil..., yang ditolong juga kurang ajar...

11 November 2011 pukul 15.04

Negara ga punya Tuhan ya gitu. . Bersyukur kita masih jadi negara yg beradab. .

24 Mei 2013 pukul 12.12

Hal serupa baru aja gw alami sendiri di Riau kota kelahiran gw. Niat mau jd pahlawan nyelamatin ngantarin pulang teman sendiri yg sdg mabok berat dan ga bs apa2 lg (tapi masih sadar klo diajak bicara) berujung di tuduh ngambil duit senilai 1jt. Hal ini tdk di tanyakan teman tersebut lgs ke gw, tapi nyari2 pembuktian terlebih dulu selama 1minggu. Gw yg ga tau apa2 kaget ketika seorang teman yg dtg juga malam itu bertanya sm gw "bro lu iya ada ngambil duit si freddy(nama samaran)?" Awalnya gw tdk berpikir klo masalah ini yg dibicarakan, tau nya setelah gw konfirmasi sm teman yg bersangkutan. beliau bilang sdh lihat rekaman cctv nya dan ada juga seorang teman malam itu (mabok jg) yg bilang klo dia melihat gw ngeluarin duit dr dompet teman tersebut, singkatnya gw disuruh ngaku gitu dech, krn klo gw mengakui teman gw ini ceritanya akan berbaik hati mgk saja maksudnya meringankan hukuman barangkali, gw jawab bahwa gw tidak mengambil uang tersebut. dr rekaman cctv kejadian malam itu kelihatan mmg gw ngambil kunci mobilnya dr kantong yg bersangkutan sendiri, krn mmg gw minta kunci beliau sdh tdk bs ngapa2in jd gw inisiatif ambil sendiri kuncinya. Dlm kantong ada dompet yg harus gw keluarkan terlebih dahulu sblm gw bisa mencapai kunci mobilnya, setelah dompet keluar gw ambil kunci lalu gw masukan kembali dompet ke kantong teman tersebut. Dan kuncinya gw masukin ke kantong gw, krn gw harus memapah teman tsb turun dr tempat party berlangsung (lantai 2) menuju parkiran. Gw antar mmg tdk sampai kerumah krn permintaan teman itu sendiri. Jaraknya gw tinggalin sdh ga jauh koq, trus gw pulang dgn mobil lain yg ngikutin gw ngantar di belakang itupun gw masih sempat telpon ketika gw perkirakan harusnya teman tersebut sdh sampai dirumah tapi tdk di angkat lagi. Gw maklum krn klo beliau di antar sampai kerumah pasti akan byk pertanyaan dr keluarga. Gw akuin gw salah telah berani mengambil lgs kunci tersebut dr kantong yg bersangkutan. Tapi mmg kondisinya kita semua mabok dan gw sdh merasa sgt dekat dgn teman tersebut, jg untuk mempersingkat waktu dan ini terjadi di depan byk teman2 dekat dan tempat umum, logika saja rasanya segila, nekat mgk atau semabok apapun org ga kan ada yg berani berbuat hal sebodoh itu dlm kondisi mabok lagi hahaa intinya gw lagi apes. Teman yg menyatakan melihat gw ada ngeluarin duit dr dompet tsb sj tdk berani memastikan ketika gw tanya lgsg. Satu sikap "heroic" (sok pahlawan) dan spontan gw malam itu justru jadi tragedi "pembunuhan karakter" yg sgt memalukan yg pernah terjadi dlm hidup gw, tapi setelah gw lihat sendiri videonya gw lega krn semua kejadian sgt jelas tdk ada pemeriksaan dompet apalagi sampai ngeluarin uang. Tapi teman gw tersebut tetap dgn opininya sendiri bahwa gw mmg seorang yg ahli (ahli nujum atau hypnotis kali ye bahkan cctv pun tdk melihat) dan mampu mengambil duit senilai 1jt dr dompet tanpa gw harus memeriksa dan melihat isi dompet tersebut (joke):D. Gw cuma berdoa semoga Tuhan mengganti uang teman gw yg hilang dgn nilai berlipat2 ganda, dan semua org yg udah terlanjur beropini bahwa gw tega mengambil uang teman gw sendiri di depan umum (teman2 sendiri) ketika gw cuma berniat untuk menolong, gw sdh maafin kalian. Semoga kisah ini bisa menjadi pelajaran buat kita semua agar lebih berhati2 dalam bertindak meskipun niat kita baik sadarilah bahwa kenyataan nya di era yg serba susah ini tdk semua org mampu melihat dgn benar niat tersebut. Dave

Posting Komentar

 
Template Created by Creating Website Published by Berita-8
Proudly powered by Blogger