Waspadalah!! Kini Android Tiga Kali Lebih Berbahaya


Kepopuleran Android sebagai sistem operasi mobile rupanya turut mengundang bahaya. Kaspersky Lab mengumumkan bahwa jumlah ancaman keamanan Android meningkat sebanyak tiga kali lipat di kuartal kedua tahun ini.

Pada kuartal pertama 2012, Kaspersky Lab mencatat kemunculan 5,441 malware baru yang menyasar platform mobile open source tersebut. Kuartal berikutnya, angka tersebut naik tajam menjadi 14,923 malware baru. Dibandingkan kuartal ketiga 2011, jumlah itu 15 kali lebih banyak.


Sekitar 25% malware Android yang ditemukan Kaspersky di perempat tahun kedua 2012 ini terdiri dari jenis trojan SMS yang dipakai untuk mencuri uang dari pengguna. Caranya adalah dengan mengirim SMS bertarif premium tanpa sepengetahuan si empunya perangkat.


Sebanyak 18% lainnya merupakan jenis backdoor yang memungkinkan penciptanya mengontrol perangkat Android korban.


"Untuk saat ini hanya 2% ancaman Android terdiri dari jenis Trojan Spy, tapi itu merupakan yang paling berbahaya karena bisa memberi akses ke rekening bank korban," tulis Kaspersky dalam laporannya.


Lebih lanjut, perusahaan keamanan komputer itu memperkirakan bahwa tren pertumbuhan angka malware di Android tak akan menurun. Sebaliknya, di masa depan, akan muncul malware "efektif dan berbahaya" yang mengincar pengguna Android.


Dilihat dari kecenderungan yang tengah berlangsung, para penjahat cyber diprediksi bakal segera beralih ke metode serangan yang lebih personal. Tujuan utama malware menjadi pencurian data rahasia untuk membobol kartu kredit korban.

sumber
Share :
 
Comments
1 Comments

+ komentar + 1 komentar

27 Agustus 2012 pukul 08.18

ternyata Android ada efek bahayanya ya

Posting Komentar

 
Template Created by Creating Website Published by Berita-8
Proudly powered by Blogger