Inilah Saingan Berat BBM (BlackBerry Messenger)

BlackBerry Messenger merupakan salah satu produk unggulan Blackberry yang membuat BB laris di seluruh dunia. Dengan BBM kita bisa berkirim pesan sesuka hati dengan karakter panjang. Aplikasi BBM sekilas sama seperti layanan chatting lainnya seperti dengan Yahoo Messenger, GTalk, MSN Messenger, dan aplikasi instant messenger lainnya. Tetapi sebenarnya BBM berbeda dengan aplikasi chatting tersebut. BBM hanya bisa dijalankan oleh handphone BlackBerry, dan setiap identitas BBM ditentukan oleh PIN yang tertanam di setiap perangkat BlackBerry. Jadi kalau ingin BBM-an harus punya ponsel BlackBerry.

Pada BlackBerry, software BlackBerry Messenger adalah software penting yang banyak dipakai pengguna Blackberry. Hal ini lah yang membuat BlackBerry laris di pasaran. Akan tetapi, nampaknya Blackberry Messenger akan punya saingan berat. Ada beberapa layanan yang mirip dengan BlackBerry Messenger, yakni:

WhatsApp
WhatsApp merupakan aplikasi mobile messenger yang dapat berjalan di atas berbagai platform, termasuk OS BlackBerry, iOS, Android, dan ponsel Nokia berbasis Symbian60. WhatsApp dapat menggunakan akses 3G atau Wi-Fi yang bisa mengirim dan menerima pesan, gambar, catatan suara, pesan video, dan bahkan lokasi Ovi Maps, semudah menggunakan SMS. WhatsApp memanfaatkan nomor pelanggan sebagai username.

Facebook Messenger
Facebook meluncurkan aplikasi seperti Blackberry Messenger. Aplikasi ini dapat mengirim dan menerima pesan ke teman-teman Facebook melalui perangkat iOS dan Android. Messenger adalah hasil kerja sama Facebook dengan produsen aplikasi Beluga. Saat ini, aplikasi mobile ini baru tersedia untuk ponsel Android dan iPhone dan sudah bisa diunduh melalui Android Marketplace serta App Store milik Apple.

iMessenger
Apple  meluncurkan saingan untuk BlackBerry Messenger (BBM) namanya iMessage. iMessage merupakan layanan data berbasis cloud computing Apple yang berfungsi sama layaknya BBM, Yahoo Messenger, atau Whats App. Selain bisa untuk mengirim pesan, software ini juga digunakan untuk mengirim foto, video, bertukar kontak. iMessage terintegerasi dengan acuan sistem operasi yakni iOS. Artinya, beberapa perangkat besutan Apple seperti iPhone, iPad dan iPod Touch yang dibenamkan iOS dapat menjalankan iMessage.

NXM (Nexian Messenger)
Ponsel merk lokal juga tidak mau kalah dan membuat layanan messenger serupa dengan BBM. Nexian memiliki layanan chatting sendiri di sesama pemilik ponsel nexian yakni Nexian Messenger. Kamu bisa berkirim pesan lebih cepat dan lebih hemat daripada SMS. Sistemnya mirip BBM pada Blackberry, pengguna akan diberi PIN ketika mengaktifkan Nexian Messenger. Fitur chat yang disediakan ada diskusi, tambah kontak, ganti status, foto profil, buat grup, dll.

BlueBerry (BB) Me Chat
Produk ponsel merek lokal csl BlueBerry juga membuat layanan sejenis seperti BBM. BlueBerry (BB) Me Chat merupakan aplikasi yang ditanamkan di ponsel Blueberry. BlueBerry (BB) Me Chat digunakan layaknya berkirim SMS namun tanpa terkena pulsa SMS.  Teknologi BB Me memungkinkan konsumen Blueberry melakukan chat langsung menyerupai layanan Blackberry Mesangger (BBM). Aplikasi milik CSL BlueBerry ini juga bisa digunakan untuk mengirim pesan gambar dan pesan audio. Bedanya dengan BBM milik BlackBerry, pada BB Me tidak ada group dan tidak ada batasan list teman.

Mangga
PT Telkomsel saat ini juga tengah mengembangkan aplikasi mirip BBM yang dinamai Mangga. Aplikasi ini merupakan aplikasi chatting/messaging dan email yang dapat digunakan lintas platform. Aplikasi ini nantinya bisa dipakai di berbagai merek ponsel. Mangga ini nantinya bisa didownload secara gratis untuk BlackBerry, Android, Nokia dan Nexian.

Banyaknya perusahaan yang membuat layanan mirip BBM ini tentunya akan menambah persaingan yang ketat pada penjualan ponsel itu sendiri. Kabarnya Google juga tengah menyiapkan layanan sejenis yang ditujukan untuk pengguna Android.
Share :
 
Comments
0 Comments

Poskan Komentar

 
Template Created by Creating Website Published by Berita-8
Proudly powered by Blogger