Inilah Arti Sebenarnya Dari Lambang Yin Yang

Yin YangYin Yang merupakan salah satu simbol yang sudah ada sejak zaman China kuno. Misteri yang ada dibalik simbol ini sudah banyak mengilhami peradaban manusia hingga sekarang. Secara sederhana, simbol ini mempunyai arti “bagaimana segala sesuatu bekerja”. Walaupun mempunyai arti yang terkesan sangat sederhana, namun jika digali lebih lanjut banyak pemahaman dibalik simbol ini.
Yin dan Yang biasanya dipakai untuk mendeskripsikan sifat yang saling berhubungan, berlawanan dan saling mengisi satu sama lain. Yin lebih di deskripsikan kepada sisi hitam dan Yang adalah sisi putih, sebuah sisi warna yang berlawanan. Titik kecil hitam dan putih yang berada pada Yin dan Yang menggambarkan sisi yang saling mengisi satu dan lainnya
Yin dan Yang sering juga digambarkan sebagai sinar matahari yang berada di atas gunung dan lembah. Yin digambarkan adalah sebuah daerah gelap yang merupakan bayangan dari gunung, sementara Yang digambarkan adalah bagian yang tidak terhalang oleh gunung. Saat matahari bergerak, Yin dan Yang secara bertahap bertukar tempat satu sama lain, mengungkapkan apa yang tidak jelas dan menyembunyikan yang sudah terungkap.
Yin lebih bersifat pasif, tenang, surga, bulan, air dan perempuan, simbol untuk kematian.
Yang lebih bersifat aktif, bergerak, bumi, matahari, api, dan laki – laki, simbol untuk hidup.
Yin berhubungan dengan air, bumi, bulan, feminitas dan malam hari.
Yang berhubungan erat dengan api, langit, matahari, maskulinitas dan siang hari.

Yin Yang merupakan sebuah gambaran nyata dari perputaran kehidupan dunia. Yin Yang memiliki 2 arti yaitu:
1. Sebagai sebuah ketentraman dan kesederhanaan dalam menjalani kehidupan nyata.
2. Kedua adalah sebagai sebuah perputaran kehidupan dan keseimbangan hidup, artinya : kehidupannya manusia tidak mungkin akan selalu berada dalam satu jalan saja. Hari ini kita mengalami kesusahan, besok bisa jadi kita akan mengalami sebuah kebahagiaan.
Yin Yang mempunyai 5 elemen unsur pendukung yang terdapat didalamnya yaitu kayu, tanah, logam, api dan air. Berikut penjelasannya :
5-unsur-yin-yang
1. Unsur Kayu
Unsur kayu diartikan sebagai musim semi yaitu dimulainya suatu kehidupan baru. Unsur kayu identik dengan pagi hari, timur dan angin. Unsur kayu diwakili dengan warna hijau. Dalam ilmu pengobatan, hati mempunyai unsur kayu. Dalam psikologi, unsur kayu mewakili kreativitas dan pelaksanaan

2. Unsur Api
Unsur api diartikan sebagai musim panas. Oleh karena itu, unsur api identik dengan siang hari, selatan dan bersifat panas. Unsur api diwakili dengan warna merah. Dalam ilmu pengobatan, jantung mempunyai unsur api. Dari segi karakter, unsur api mewakili perasaan dan emosi.

3. Unsur Tanah
Unsur tanah diartikan sebagai awal pagi hari. Oleh karena itu, unsur tanah identik dengan posisi tengah yang berkaitan dengan kelembaban (humidity). Unsur tanah diwakili dengan warna kuning. Dalam ilmu pengobatan, limpa mempunyai unsur tanah. Dari segi karakter, unsur tanah mewakili konsentrasi, realisme dan stabilitas .

4. Unsur Besi
Unsur besi diartikan sebagai musim gugur. Oleh karena itu, unsur besi identik dengan malam hari, barat dan bersifat kering. Warna putih mewakili unsur besi. Dalam ilmu pengobatan, paru-paru mempunyai unsur besi. Dari segi karakter, unsur besi mewakili kemauan keras dan kemandirian.

5. Unsur Air
Unsur air diartikan sebagai musim dingin. Oleh karena itu, unsur air identik dengan malam hari, utara dan bersifat dingin. Warna hitam mewakili unsur air. Dalam ilmu pengobatan, ginjal bersifat air. Dari segi karakter, unsur air diasosiasikan dengan kejernihan pikiran dan rasional.
Ke-5 unsur tersebut saling berinteraksi dengan saling mengisi satu sama lain. Kayu dibakar menjadi api yang kemudian berubah menjadi tanah (abu), tanah adalah sumber besi, zat besi adalah mineral yang dapat dicairkan, sedangkan air dapat menghidupkan pohon. Dengan kata lain, kayu menghidupkan api, memperkuat tanah, memperkuat besi, memperkuat air dan menghidupkan kayu.
sumber
Share :
 
Comments
0 Comments

Poskan Komentar

 
Template Created by Creating Website Published by Berita-8
Proudly powered by Blogger