Berbagai Berita Hoax yang Masih Dipercaya Kebenarannya

Bayi Bulan



Di Amerika dan Eropa, ada banyak media yang mengkhususkan diri dalam berita parodi atau satir. Media semacam ini mencampuradukkan antara kisah fiktif dengan kisah nyata. Namun, tidak ada pelanggaran hukum yang dilakukan karena mereka menyatakan dengan jelas kalau mereka adalah media parodi dan satir.
Semua pelanggannya mengetahui dengan jelas kalau kisah yang ditampilkan hanya fiksi. Tetapi mereka menganggapnya hanya sebagai sebuah hiburan. Tidak ada yang menganggapnya sebagai kisah yang serius.
Nah, jika kalian menemukan sebuah kisah spektakuler (yang sepertinya mustahil) yang bersumber dari media-media semacam ini, kalian boleh menganggapnya sebagai hoax.
Media parodi yang paling terkenal adalah Weekly World News.
Weekly World News
Majalah yang satu ini sudah berdiri sejak tahun 1979 dan paling banyak menghasilkan hoax yang beredar di Indonesia. Saat ini, edisi cetak majalah ini sudah tidak beredar lagi, namun masih beredar dalam bentuk online.
Salah satu kisah hoax yang dimuat oleh majalah ini dan dianggap sebagai kebenaran adalah kisah mengenai dua penumpang kapal Titanic yang ditemukan puluhan tahun setelah tenggelam tanpa menjadi tua sedikit pun.
Andrew Carlssin – Time Traveler dari tahun 2256
Berita tentang Carlssin itu dimuat di yahoo news. Tetapi masalahnya, yahoo news ternyata mengutipnya dari Weekly World News (WWN).

Bayi naga di dalam toples
Bayi Naga
Kisah lain yang bersumber dari WWN dan sering dianggap sebagai kebenaran adalah kisah mengenai bayi naga di dalam toples atau pickled dragon. Kisah ini beredar pada Desember 2003 dan disertai dengan sebuah foto.
Disebutkan kalau seorang pria bernama David Hart dari Inggris memiliki bayi naga yang diawetkan di dalam toples di dalam garasi mobilnya di Oxfordshire. Namun, kisah tersebut ternyata cuma hoax karena bayi naga itu sebenarnya adalah sebuah model yang digunakan oleh BBC untuk membuat film dokumenter “Walking with Dinosaurus”.

Patung Malaikat berusia 200.000 tahun di bulan
Malaikat Bulan
Kisah hoax lain yang bersumber dari WWN adalah penemuan patung malaikat yang berusia 200.000 tahun di bulan. Bahkan WWN menyertakannya dengan sebuah foto. Jangan heran karena WWN juga membuat foto-foto hoax untuk mendukung beritanya.
Mengapa kita mempercayai berita ini, Padahal bukan national geographic yang memberitakannya?
Bukankah aneh jika sebuah media parodi yang memberitakan penemuan spektakuler seperti ini? Mengapa media besar yang lain tidak memberitakannya?
Ataukah kita mengira pemerintah Amerika telah berkonspirasi meminta semua media besar untuk menutupi penemuan ini dan Weekly World News menjadi satu-satunya media pemberani yang tidak bisa dibungkam?
Ingat, sumber utama sangat penting untuk menilai kebenaran sebuah berita. Kisah penemuan patung malaikat yang berusia 200.000 tahun itu sesungguhnya adalah berita lama yang diambil dari majalah WWN edisi Mei 1995.
WWN Mei 1995
Masihkah kalian mempercayainya?

Bahkan ada berita lain yang lebih mengada-ngada dari WWN berkaitan dengan penemuan artefak misterius di bulan, yaitu penemuan janin bayi berusia 200.000 tahun (usianya sama dengan patung malaikat itu). Berita ini dimuat pada edisi februari 1993.

Semakin mengada-ngada?

Tunggu, ada lagi. Lihat contoh-contoh berita lain yang diangkat oleh WWN.
Setelah melihat judul-judul majalah itu, kita akan semakin tertawa geli karena tagline majalah WWN adalah: The world’s only reliable newspaper.
What a great sense of humor!

Cina akan meledakkan bulan
Ada kabar yang beredar, pemerintah Cina sedang merencanakan untuk menyingkirkan bulan dengan cara meledakkannya dengan nuklir. Tujuannya supaya bisa mengendalikan cuaca.
Bayangkan betapa konyolnya berita ini! Bulan mau disingkirkan? Kalau bulan disingkirkan, siapa yang akan membantu menerangi malam di bumi?
Saya cukup heran karena berita ini bisa tersebar luas dan dianggap serius. Soalnya, tidak ada satupun media utama yang memberitakan soal ini.

Kompas

Tunggu…ehem, ternyata ada satu media utama yang memberitakannya, yaitu kompas.com.

Ternyata sumber berita ini berasal dari WWN!

Kompas dengan sukses turut menyebar hoax ini sehingga kemudian dibahas di forum-forum dan dicopy paste ke banyak blog.

FACEBOOK WILL END ON MARCH 15th!
Quote:
“Facebook has gotten out of control,” said Zuckerberg in a press conference outside his Palo Alto office, “and the stress of managing this company has ruined my life. I need to put an end to all the madness.”
Zuckerberg went on to explain that starting March 15th, users will no longer be able to access their Facebook accounts.


“Facebook telah didapat di luar kendali,” kata Zuckerberg dalam konferensi pers di luar kantornya Palo Alto, “dan stres pengelolaan perusahaan ini telah menghancurkan hidupku. Aku harus mengakhiri semua kegilaan ini. ”
Zuckerberg terus menjelaskan bahwa mulai 15 Maret, pengguna tidak akan dapat lagi mengakses account Facebook.
Hebatnya Weekly World News!

Lain kali, jika kalian menemukan sebuah berita yang spektakuler dan sukar untuk dipercaya dan sumber utamanya adalah Weekly World News, anggaplah berita itu hanya sebagai hiburan. Jangan dianggap serius.
Jika kalian ingin melihat berita-berita yang ditampilkan oleh Weekly World News, kalian bisa mengunjungi situsnya di: http://weeklyworldnews.com 
Berita-berita HOAX heboh yang lain misalnya :
- Dick Cheney adalah Robot.
- Hillary Clinton mengadopsi Bayi Alien.
- Abraham Lincoln Sesungguhnya adalah Perempuan..
Bikin ngakak kan?
Satu lagi, media yang dikenal sebagai penyebar HOAX adalah The Onion, http://www.theonion.com , yang mendapat reputasi sebagai majalah satire.
Wikipedia menulis :
The Onion is an American news satire organization. It is an entertainment newspaper and a website featuring satirical articles reporting on international..

Sumber
Share :
 
Comments
1 Comments

+ komentar + 1 komentar

11 Desember 2012 07.34

Saya setuju anda!
Well, kurasa anda juga harus membahas tentang "Wikipedia" yg sekarang buming untuk di bicarakan.
Soalnya setiap saya buat artikel/skripsi/etc dari sumber wikipedia mereka tidak menerima.
Seperti yg anda bilang informasi penting dari sumbernya. Dan well, wikipedia sekarang juga di jadikan ehm satire.
Kurasa anda harus membahas ini juga :D

Maaf untuk kepo saya .

Poskan Komentar

 
Template Created by Creating Website Published by Berita-8
Proudly powered by Blogger