Saat-saat paling galau buat pegawai itu adalah hari Minggu malam.
Kenapa? Karena dalam beberapa jam para pegawai ini akan bertemu hari
Senin, dan rasanya ketemu hari Senin (bagi pegawai) itu seperti ketemu
penjajah zaman Belanda. Bawaannya seperti tersiksa gitu. Buat kamu-kamu
yang konon masih mau (atau memang terpaksa) jadi pegawai karena lagi
mengumpulkan pundi-pundi uang buat nantinya buka usaha sendiri, yuk
hitung hikmah sebagai pegawai kantor supaya nggak terlalu merasa
tersiksa setiap Senin sampai Jumat.
1. Jago Berhitung
Mau apapun bidang pekerjaan kamu, pasti kamu jago berhitung. Mulai
dari berhitung kapan gajian masuk, kapan tanggal muda, kapan tanggal
muda, kapan THR keluar sampai bonus-bonus bermunculan. Misalnya
mendekati tanggal gajian, kalau kantong sudah mulai menipis kamu jago
hitung harga lauk di kantin yang sesuai bujet. Kalau pas gajian, kamu
jago hitung barang apa yang bisa kamu beli supaya uangnya langsung habis
dalam hitungan hari. Pokoknya kalau urusan duit, para pegawai ini
jagoan deh.
2. Perencana Handal
Coba kamu tes pengetahuan kamu sama temen kamu yang bukan pegawai
kantoran soal tanggalan merah. Pasti kamu sudah hapal dan ngasih tanda
merah di kalendermu. Dari awal tahun, kamu sudah cek kalender dan bikin
jadwal liburan sesuai tanggal merah. Kamu pasti tahu kalau bulan Juni
ada tanggal merah tapi pas hari Minggu, terus tahun ini bisa libur
panjang dari 17-an sampe Lebaran, jadi bisa pesan tiket promo. Lebih
canggih lagi kalau kamu bikin rencana liburan dengan cuti plus tanggalan
merah, hasilnya kamu sukses liburan panjang dan meninggalkan kantor
seminggu lebih sejak jauh hari. Horee!
3. Timekeeper Sejati
Selain berhitung uang, pegawai kantor pastinya juga juara soal
berhitung waktu. Apalagi bagi yang sudah akrab dengan istilah 9 to 5,
sebisa mungkin kamu harus pulang on-time. Nah terus kalo datengnya telat
gimana? Yah gak mau tau, pokoknya jam 5 harus pulang, titik.
4. Humas yang Baik
Telat datang ke kantor, mau izin nggak masuk, atau pura-pura sakit
karena interview di calon kantor baru? Semua butuh alasan yang baik dan
meyakinkan supaya bisa lolos dari bos kamu. Semakin sering kamu bikin
alasan, sebenarnya kamu jadi semakin terlatih untuk bikin jawaban masuk
akal yang tetap menjaga imej baik kamu. Nggak sadar kan kalau kamu bisa
jadi humas yang baik demi menyelamatkan diri sendiri? Ini pastinya akan
berguna bagi diri kamu sendiri di masa datang.
5. Pekerja Berkulit Baja
Udah kena omel tiap minggu, di SP 1 & 2 sama bos, terus kegep
lagi bolos pas bilang nganter nyokap ke dokter, kamu masih betah saja
kerja di kantor kamu. Padahal gajinya kecil, bosnya banyak mau, rekan
kerja nggak asik, dan kantornya jauh dari peradaban. Mungkin ini artinya
kamu memang tahan banting jadi pegawai. Nah, mental baja inilah yang
tentunya akan berguna di kehidupan kamu di masa datang.
Demikianlah. Dengan demikian dijamin kamu bakalan lebih jago pas akhirnya punya kantor sendiri. Manteb!